GMgKe586q6suSQnyqZLlGCooeWM

Pages

Search

Monday, May 3, 2010

Desktop Vs Web Application

Desktop App mengalami masa puncak kejayaannya pada era tahun 1990-an. Dan kini pun masih tetap berjaya. Penggerak utama adalah Windows yang begitu popular. Kita juga melihat bahwa pada pertengahan dekade 1990-an, mulai lahir internet sehingga era kelahiran Web applikasi mulai mendapatkan tempat. Kini, Google merupakan sebuah mesin penggerka utama bagi web application. Lihat saja bagaimana Gmail, Calender, Doc dan produk-produk inovatif lainnya bermunculan.
Web application tentu juga didukung oleh teknologi yang bisa diandalkan. Salah satu kendala dari web application adalah ketergantungannya pada koneksi internet, sehingga hal ini mengharuskan user untuk selalu terkoneksi dengan internet untuk bisa mengakses aplikasi. Namun syukurlah muncul teknologi yang bisa mengatasi hal tersebut, seperti Google Gears dan HTML5. Selain itu teknologi pemrograman pun semakin maju. Kita melihat sekarang ada AJAX, XML dan teknologi web service lainnya yang bisa meningkatkan nilai bagi user.
Google dengan chromenya yakin bahwa web application akan mendapatkan tempat yang popular di ranah industry IT. Dan kini sepertinya giliran Google meraih kejayaan era web application.
Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment