GMgKe586q6suSQnyqZLlGCooeWM

Pages

Search

Wednesday, May 5, 2010

Karier di IT

Saat ini sedang musim dari internet. Revolusi internet, tepatnya. Kalau pada abad ke 18 dan 19 merupakan revolusi industri. Dan sekarang teknologi industri sudah menjadi komoditas layaknya produk-produk pertanian. Dan di abad 21 inilah zaman baru berlangsungnya revolusi teknologi informasi. Revolusi teknologi ini sudah dimulai pada penghujung abad ke-20. Jadi pada abad ini, akan banyak kesempatan baru dibidang teknologi informasi. Namun kesempatan ini juga ditantang oleh kompetisi.
Slogan tentang kompetisi, ilmiah, pertumbuhan ekonomi, inovasi merupakan slogan pada abad ini. Kompetisi dalam wacana ini tidaklah mengarah pada kalah menang, melainkan mengarag pada peningkatan kesejagteraan total Itulah mengapa paradigma kompetisi klasik tidak lagi tepat untuk digunakan pada abad ini.
Untuk menunjang keberlangsungan dan pertumbuhan industri IT, maka dibutuhkanlah banyak sumber daya yang bisa diandalkan. Secara garis besar, karier di IT bisa dikategorikan menjadi dua:
  1. Developer
  2. System Administrator
Tanggung jawab seorang developer ada 3: designing, coding, dan maintaining. Dan kategori atau bidang yang ditangani oleh Developer juga dibagi menjadi 3: Web, Applicatiion, dan Database.
Sedangkan tanggung jawab seorang System administrator juga ada 3, yakni Installing, Configuring, dan Maintaining. Networking dan Server-Client adalah kategorinya.
Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment