GMgKe586q6suSQnyqZLlGCooeWM

Pages

Search

Wednesday, April 28, 2010

Windows Azure

Saat ini Microsoft sedang giat-giatnya dalam menggait untuk platform barunya. Platform baru tersebut tidak lain adalah Windows Azure: Sebuah sistem operasi yang berjalan online-Hosted Environtment yang diluncurkan pada 1 Pebruari 2010. Windows Azure didukung oleh 3 komponen, yakni Windows Azure, SQL Azure dan AppFabric. Atau dalam bahasa lain, komponen tersebut adalah Compute, Storage dan Fabric.
List harganya adalah seperti terlihat dibawah:
# Compute = $0.12 / hour
# Storage = $0.15 / GB stored / month
# Storage transactions = $0.01 / 10K
# Data transfers = $0.10 in / $0.15 out / GB

Service yang ditawarkan oleh Microsoft ada lima, yakni
  1. Live Services
  2. SQL Services
  3. AppFabric
  4. SharePoint Services
  5. Dynamic CRM Services
Hal tersebut tentu akan memberikan alternatif baru bagi para konsumen it. Proyek ini sebenarnya merupakan proyek raksasa dari Microsoft. Applikasi yang diakses oleh konsumen akan di jalankan di Datacenter Microsoft sehingga mengurangi sumber daya yang harus dijaga oleh konsumen. Segala sesuatunya sudah diurus oleh Microsoft, dan konsumen tinggal menggunakan dan membayar jasa saja.
Selain Microsoft, pemain besar lainnya adalah Google App Engine serta Amazon Web Services. Untuk Microsoft sendiri, saat ini dilakukan penambahan akses konsumen di 20 negara. Hal ini menandakan bahwa Microsoft benar-benar serius untuk menggarap kategori bisnis baru ini.
Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment