GMgKe586q6suSQnyqZLlGCooeWM

Pages

Search

Thursday, April 29, 2010

Akuisisi Palm oleh HP

Akhirnya moment yang membuat dag-dig-dug itu terjadi juga. Kemaren, Rabu 28 April 2010, HP mengakuisisi Palm dengan bayaran 1,2 milyar dollar. Palm merupakan perusahan yang bergerak dalam mobile os. Dan kini dengan adanya akuisisi ini, HP akan menjadi besar setelah tahun 2008 yang lalu mengakuisisi EDS. Jika dilihat menurut penjualannya, HP adalah yang terbesar dibawah IBM.
Jon Rubistein, sebagai CEO sekaligus chairman Palm, akan tetap mejabat. Tujuan akuisisi ini adalah untuk memperkuat dan memperbesar HP's mobility strategy. Jika keadaannya seperti ini, semakin terang saja bahwa kompoetisi di bisnis mobile semakin sengit. Dan kini Palm beruabah menjadi pemain tangguh karena dibelakangnya disokong oleh HP.
Yang belum memasuki bisnis mobile hanya IBM karena memang pangsa pasar IBM adalah korporasi-korporasi besar. HP tentu juga harus mempertimbangakan profitibilitasnya. Tidak hanya besar penjualannya saja. Jika melihat Microsoft maka kita tahu bahwa Microsoft memiliki laba yang begitu besar, dan paling besar dari semua perusahaan IT, dan itulah yang membuat kapitalisasi pasar sahamnya menjadi yang tertinggi meskipun penjualannya tidak lebih besa dari Dell. Demikian pula profitibilitas yang dihasilkan oleh Google.
Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment